Bagaimana Cara Menyelami Kalam Ilahi? Pentingkah Hal Demikian bagi Generasi Z?

UKM Risalah – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Rebana Ilmu Seni al-Qur'an dan Tilawah (RISALAH) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) mengadakan acara Webinar Qur'ani Nasional 2024 dalam rangka peringatan Hari Lahir UKM Risalah yang ke-8. Kegiatan ini mengusung tema "Menumbuhkan Jiwa Qur'ani dengan Menyelami Kalam Ilahi bagi Generasi Z". Pemateri webinar kali ini ialah Putri Aqilla Ramadhani, influencer muslimah sekaligus pemilik podcast Asumsi Bersuara. Sedangkan moderator webinar ialah Yulia Alfiatur, anggota IKRAR (Ikatan Keluarga Alumni Risalah). Adapun acara ini dilaksanakan secara online by zoom meeting dan dimulai pukul 08.00 WIB (5/5/2024).

Kegiatan webinar qur'ani ini merupakan kegiatan rutinan program kerja Departemen Tahfidz UKM Risalah. Kegiatan ini mengajak generasi z untuk belajar bersama dan memahami nilai-nilai qur'an dalam kehidupan nyata. Sebagaimana yang telah dibahas pada materi webinar kali ini, yakni al-Qur'an merupakan kunci kehidupan dimana ia menjadi pedoman hidup kita. Sistematika al-Qur'an mengupas tuntas perkara kehidupan sehingga betapa pentingnya pedoman itu kita pegang erat-erat. Adapun pedoman tersebut tidaklah hal yang secara mentah-mentah kita dapat memahaminya, kita perlu mempelajari dan memahami kandungan didalamnya sehingga apa yang kita terima juga benar adanya.

Dokumentasi Pemateri Webinar

Seringkali generasi kita salah kaprah dalam memahami isi al-Qur'an tanpa mempelajarinya terlebih dahulu, oleh karenanya kita harus intropeksi diri dalam menyelami makna-makna yang terkandung didalam al-Qur'an. Perlu memiliki jiwa atau rasa ingin tahu yang tinggi agar kita sungguh-sungguh mendalami ayat-ayat Allah SWT. Manfaat dibalik itu pun banyak, salah satunya bisa menjadi syafa'at utama kita di hari kiamat kelak. 

Webinar ini banyak menarik perhatian partisipan dengan aneka macam pertanyaan yang disampaikan kepada pemateri. Adapun pesan yang disampaikan oleh pemateri di penghujung webinar "Pertama yang harus kita lakukan ialah mengenal diri kita, intropeksi diri kita, bagaimana cara kita untuk bisa menyelami kalam ilahi, dengan itu bisa menimbulkan potensi diri dalam menerapkan atau mengamalkan kalam-kalam ilahi yang dimaksud ialah al-Qur'an dengan baik".

Dokumentasi Foto Bersama

"Kesan webinar tahun ini cukup menarik, banyak partisipan yang aktif dalam mengajukan pertanyaan dimana sasaran yang kita tuju juga tersampaikan yaitu generasi z. Namun, sangat disayangkan karena terdapat kendala dalam perubahan pemateri sehingga informasi terkait webinar juga mepet saat pelaksanaan. Hal ini menyebabkan partisipannya lebih sedikit dari tahun-tahun sebelumnya. Harapannya semoga hal ini dapat menjadi evaluasi pada tahun selanjutnya dan dapat memberi manfaat bagi partisipan yang mengikuti webinar", ujar Najwa selaku koordinator Departemen Tahfidz.


Link Record Webinar

Penulis : Masyitoh Putri Itsnaini


Komentar