Rekontruksi Kepengurusan Baru, UKM Risalah Adakan Rapat Kerja dan Upgrading 2024

UKM Risalah – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Rebana Ilmu Seni al-Qur'an dan Tilawah (RISALAH) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) mengadakan acara Rapat Kerja dan Upgrading Kepengurusan 2024. Kegiatan ini mengusung tema "Optimalisasi Kepengurusan UKM Risalah guna Meningkatkan Solidaritas Demi Mewujudkan Program Kerja yang Berkualitas". Adapun acara ini dilaksanakan di TPQ Chasan Puro dan dimulai pukul 07.00 WIB (3/3/2024).

Tujuan dilaksanakan rapat kerja ialah melaporkan dan merencanakan program kerja pengurus baru selama satu periode kedepan. Kegiatan ini dihadiri oleh senior dan demisioner UKM Risalah. Adapun sebelum pemaparan program kerja dilakukan serangkaian acara upgrading pengurus baru UKM Risalah dengan beberapa materi yang didapatkan. Materi pertama ialah materi kepemimpinan yang disampaikan oleh Rian Lutfi Alamsyah atau yang kerap disapa Mas Rian. Materi ini membahas tentang bagaimana kepemimpinan yang baik, hal yang harus dimiliki sekaligus hal yang harus dihindari oleh seorang pemimpin. Sejatinya, pemimpin itu bukan berarti menjadi ketua dalam suatu populasi namun pemimpin ialah kita, dengan memimpin diri kita sendiri.

Penyampaian Materi Kepemimpinan

Selanjutnya ialah materi Keorganisasian oleh Yulia Alfiatur Rokhmaniyah atau yang kerap disapa Mbak Yulia. Organisasi ialah sebuah wadah untuk mencapai tujuan yang sama sehingga dapat disimpulkan bahwa garis besar organisasi antara lain pelaku, kesamaan tujuan, tugas dan wewenang. Materi ini lebih berfokus tentang diskusi dan intropeksi pribadi masing-masing. 

Penyampaian Materi Keorganisasian

Materi terakhir idalah analisis SWOT terdiri dari Strenght (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), dan Threat (ancaman). Materi ini disampaikan oleh Adam Wildan Alfikri atau Mas Wildan. Poin penting yang disampaikan selain itu ialah mengenai manajemen organisasi yaitu terdiri dari planning, organizing, actuating, controlling, evaluating.

Penyampaian Materi Analisis SWOT

"Harapannya untuk anggota dan pengurus bisa berkomitmen, memiliki loyalitas pada UKM Risalah. Mari kita luruskan niat untuk berkhidmat kepada Allah SWT melalui kegiatan-kegiatan islami yang ada di UKM Risalah" ujar Saudara Jayyid selaku ketua umum UKM Risalah. Acara rapat kerja dan upgrading berjalan dengan lancar. Harapannya program kerja yang telah dicanangkan nantinya akan berjalan dengan lancar, sesuai, dan tanpa adanya hambatan.


Penulis : Masyitoh Putri Itsnaini

Komentar