Menyemarakkan Harlah Fakultas Sains dan Teknologi ke Delapan, UKM Risalah menyelenggarakan Risalah Islamic Fest dan Saintek Bersholawat

Risalah Islamic Fest (RIF) merupakan ajang perlombaan seni-semi islami yang diselenggarakan oleh UKM Risalah setiap tahunnya. Hal ini sekaligus memeriahkan hari lahir Fakultas Sains dan Teknologi dengan memeriahkan pada malam puncak dengan mengundang habaib sekaligus menjadi penceramah dan diiringi dengan untaian sholawat. Pelaksanaan rangkaian kegiatan ini dilakukan di Auditorium II Kampus 3 UIN Walisongo Semarang (16/11/2023).

(Foto Bersama)

Adapun RIF meliputi dua cabang perlombaan, yaitu Festival Tilawah Virtual tingkat Nasional dan Festival Banjari tingkat Jawa Tengah dan DIY. Pelaksanaan Festival Tilawah secara online dan sudah dilakukan penjurian di hari sebelumnya yakni Rabu tepatnya pada tanggal 15 November 2023. Sedangkan pelaksanaan Festival Banjari dilakukan secara offline pada hari Kamis tanggal 16 November 2023 mulai jam 08.00 sampai pukul 17.00 dan dilanjutkan dengan Saintek Bersholawat yang merupakan  malam puncak dari serangkaian Harlah Fakultas Sains dan Teknologi. 

(Festival Banjari)

Pembukaan RIF dilaksanakan di pagi hari dengan diisi dua sambutan. Sambutan pertama berasal dari ketua panitia RIF dan Saintek Bersholawat 2023. "Acara Islamic Fest dan Risalah Bersholawat tahun 2023 ini, kami mengangkat tema menguatkan ketaqwaan dan kecintaan kepada Nabi melalui gema seni religi dalam rangka Harlah Fakultas Sains dan Teknologi yang ke delapan. Harapannya, dengan acara ini sesuai dengan tema, bisa menumbuhkan dan meningkatkan rasa ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan juga rasa kecintaan kita kepada Nabi Agung Muhammad SAW," ujar Saudara Nazih selaku ketua panitia RIF dan Saintek Bersholawat. "Selamat hari lahir Fakultas Sains dan Teknologi yang ke delapan, semoga kedepannya sesuai dengan visi dari Fakultas Sains dan Teknologi bisa menjadi fakultas yang semakin terdepan dalam riset di bidang Sains dan Teknologi yang berbasis pada kemanusiaan dan peradaban," ujarnya lagi.

(Sambutan Wakil Dekan III)

Sambutan kedua berasal dari Ibu Wakil Dekan III Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Hj. Nur Khasanah, S.Pd., M.Kes., yang sekaligus membuka acara RIF dan Saintek Bersholawat 2023. "Tentu ini bagian dari penyeimbang kegiatan-kegiatan akademik di Fakultas Sains dan Teknologi yang notabe kegiatannya adalah kegiatan di lab atau kegiatan akademik lain, tapi tuntutan kita bahwa kita adalah bagian dari UIN Walisongo Semarang yang tidak bisa lepas meninggalkan nilai-nilai religi terutama kegiatan yang nuansa Islami seperti kegiatan yang dilakukan oleh Risalah," ujar beliau dalam sambutannya. Setelah pembukaan RIF, dilanjutkan dengan Festival Banjari tingkat Jawa Tengah dan DIY yang begitu meriah. Para peserta melantunkan sholawat-sholawat dengan begitu semangat dan dengan penampilan terbaik mereka. Festival Banjari ini dinilai oleh tiga dewan juri terbaik, yaitu Ustadz Nadhif, Cak Syamsul Huda, dan Mas Owdy. Festival Banjari berlangsung sampai sore dan ditutup dengan pembacaan Mahallul Qiyam.

(Mahallul Qiyam)

Acara yang tak kalah menarik adalah malam puncak Harlah Fakultas Sains dan Teknologi, Saintek Bersholawat. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswa baik dari Fakultas Sains dan Teknologi maupun dari fakultas yang lainnya. Bahkan para dosen dan pegawai Fakultas Sains dan Teknologi juga ikut hadir dalam majlis ini. Saintek Bersholawat menghadirkan pembicara yang luar biasa, yaitu beliau Habib Umar Al-Muthohar, dan dengan pengiring rebana yang luar biasa juga yaitu rebana Ar-Risalah. Acara RIF dan Saintek Bersholawat ini mendapat apresiasi dari Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, yaitu beliau Dr. H. Ismail, M.Ag. “UKM Risalah ini UKM yang luar biasa telah menyebarluaskan bagian dari syiar, dakwah Islam rahmatan lil alamin,” ujar beliau.

(Saintek Bersholawat)


Penulis : Zida Haniatus Syifa

Komentar