UKM RISALAH



UKM RISALAH
(Rebana Ilmu Seni Al-Qur'an dan Tilawah)
DEMA Fakultas Sains dan Teknologi
UIN WALISONGO
SEMARANG
 

UKM RISALAH


RISALAH merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang berbasis keagamaan di bawah naungan DEMA (Dewan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Sains dan Teknologi. RISALAH juga sebagai wadah untuk menampung bakat dan minat mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi khususnya dalam di bidang keagamaan. RISALAH merupakan kepanjangan dari Rebana Ilmu Seni al qur’an dan Tilawah, nama RISALAH sendiri diusung oleh M. Murodi selaku ketua demisioner UKM BITA dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UKM RISALAH didirikan pada tanggal 11 Januari 2016 berselang waktu 6 bulan setelah Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) di dirikan, dan menjadi UKM pertama yang diminta untuk didirikan di Fakultas Saintek, sosok yang berperan besar dalam pembentukan UKM RISALAH adalah UKM BITA, dimana UKM tersebut yang membantu segala hal mulai dari pemikiran, sistem kepengurusan, sistem administrasi, merancang anggaran dan lain sebagainya dalam mengupayakan berdirinya UKM RISALAH. Hal ini juga berkaitan mengenai filosofi lambang pada UKM RISALAH yang memiliki banyak persamaan dengan lambang UKM BITA mulai dari bentuk, warna, corak dan lain sebagainya, hal ini dikarenakan sebagian besar anggota RISALAH yang berasal dari anggota UKM BITA sebelum di bentuk UKM RISALAH dan menunjukkan persaudaraan yang erat antara UKM RISALAH dan UKM BITA.


UKM RISALAH diresmikan pada tanggal 13 Januari 2016 oleh Dr. Ruswan, M.Ag. selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi dan sekaligus pelantikan seluruh pengurus UKM yang berada di Fakultas Saintek. Alasan didirikannya RISALAH adalah mengacu pada visi dan misi universitas yaitu “Universitas Islam Riset Terdepan Berbasis pada Kesatuan Ilmu Pengetahuan untuk Kemanusiaan dan Peradaban tahun 2038” dan salah satu misi untuk menjadikan mahasiswa yang berakhlak karimah, menggali, mengembangkan dan menerapkan nilai-nilai kearifan lokal. Dalam hal tersebut, mahasiswa di tuntut untuk memiliki bekal sebagai insan yang profesional, dan memiliki daya saing yang tinggi dalam berbagai aspek kehidupan salah satunya adalah mampu membentengi supaya terhindar dari paham-paham radikalisme yang mengancam kerukunan warga negara Indonesia dalam memahami ilmu agama, yang mana dipaparkan oleh Dr. Hamdani, M.Ag. selaku Wakil Dekan Tiga Fakultas Sains dan Teknologi. UKM RISALAH diketuai oleh: 
  • Khaerul  Anwar (2016)
  • Teguh Priyanto (2017)
  • Rizqi Kurnia Rohman (2018)
  • M. Nur Ma'ayis Annazah (2019)
  • Devi Rimadhanti (2020)
  • Ahmad Syafiq (2021)
  • Ah. Muktafi Billah (2022)

UKM RISALAH juga memiliki visi yaitu mewujudkan RISALAH sebagai  wadah  unit kegiatan mahasiswa Sains dan Teknologi untuk membentuk insan yang tafaquh fid din dalam memahami segala aspek kehidupan melaui kreatifitas seni  dan  kehidupan bermasyarakat. Yang selaras dengan visi UIN Walisongo.

Komentar